Assalamualaikum


counter

Selamat Datang

selamat datang


counter

Translate

Sabtu, 14 Desember 2013

Contoh Esai


MARAKNYA KASUS KORUPSI DI INDONESIA

Indonesia merupakan suatu negara dengan jumlah penduduk terpadat nomor tiga setelah RRC dan India. Indonesia juga terletak dilokasi yang strategis tepat di garis khatulistiwa yang mana seharusnya bangsa Indonesia makmur karena merupakan daerah yang kaya dengan sumber daya alamnya, namun apa yang kita lihat pada saat ini yang mana Indonesia sudah merdeka sejak 67 tahun yang lalu tetapi tetap saja banyak bangsa Indonesia yang masih miskin. Penyebab ketertinggalan bangsa Indonesia ialah akibat ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan untuk mengelola sumber daya tersebut masih kurang, dan salah satu penyebanya lagi ialah kasus korupsi yang semakin merajalela di Indonesia ini, yang mana uang korupsi seharusnya dipergunakan untuk pembangunan-pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang kurang mampu malah lenyap dicurik para koruptor.
             Kasus korupsi di Indonesia merupakan suatu masalah yang sudah membudaya sejak dulu hingga sekarang, dapat kita ketahui sejak beberapa puluh tahun yang lalu kita “dibiasakan” dengan berita kasus korupsi. Mengapa saya katakan “dibiasakan”? Karena memang sejak dulu hingga pekan terakhir ini di media cetak maupun elektronik sering sekali kita jumpai berita tentang kasus korupsi  yang selalu membuat setiap orang merasa hatinya terluka dan kecewa. Bukan hanya kecewa dengan mental para pejabat bangsa namun juga kecewa atas buruknya sistem pengawasan atas pelaksanaan operasional sebuah negara. Jika korupsi telah menjadi suatu budaya maka alat untuk menyerangnya berupa tatanan hukum yang keras menjadi kurang berarti. Hukum akhirnya hanya mememilki kukuatan di atas kertas yang tidak memilki daya apapun untuk mencegah dan menghukum perbuatan korupsi. Hal ini karena sebagian besar orang Indonesia sudah terlanjur merasa enak dengan korupsi. Hukum tidak mencerminkan niat dan kehendak bangsa ini, namun korupsi telah mendarah daging.
Secara fakta yang kita ketahui kasus korupsi akhir-akhir ini seperti masalah Bank Century, Kasus ini merupakan suatu masalah yang sampai akhir ini belum kunjung selesai, ini menunjukkan bahwa penanganan kasus korupsi di negeri kita ini masih sangat lemah dan bahkan paling ironisnya yaitu mereka yang menangani kasus korupsi tersebut malah ikut-ikutan korupsi. Sungguh sangat memalukan sekali dan bahkan sampai sekarang juga masih banyak kasus korupsi di negeri kita ini yang masih  belum terungkap. Sepanjang tahun ini saja setidaknya ada 4.487 pejabat daerah yang terseret kasus korupsi, paling banyak dari kalangan anggota DPRD provinsi sebanyak 2.545 orang sedangkan di tingkat eksekutif berjumlah 290 orang. Kasus seperti ini tidak hanya terjadi di tahun ini tetapi hampir setiap tahun kasus korupsi di DPRD provinsi sering terjadi apalagi setelah berlakunya otonomi daerah. Jumlah aparatur pemerintah daerah yang diduga terlibat kasus korupsi saat ini ada 1.221 orang, yang berstatus tersangka 185 orang, terdakwa 112 orang, terpidana 877 orang, sedangkan yang masih sebatas saksi berjumlah 46 orang.
Korupsi juga telah dilakukan secara turun temurun. Bukan hanya turun temurun, anak-anak yang dilahirkan bukan dari orang tua yang korup pun bisa menjadi koruptor, apalagi jika anak itu lahir dari orang tua yang korup. Para orang tua pun bangga sekali jika melihat anaknya sukses dari sisi materi tanpa melihat bahwa uang yang mereka dapatkan itu berasal dari rezeki yang tidak halal.
Rasa malu yang telah hilang dari otak mereka membawa mereka pada rasa bangga melakukan korupsi. Bangga memiliki kekayaan yang berlebih. Bangga karena memiliki ini dan itu dan setumpuk kemewahan lainnya. Bangga karena tidak ketahuan, padahal semuanya itu didapatkan dari korupsi. Mereka memang menyadari bahwa itu merupakan dosa dan merugikan orang banyak, namun mereka sama sekali tidak menghiraukannya.
Sangat memalukan dan menyedihkan , Bangsa  kita yang seharusnya nyaman dan makmur malah membuat rakyat yang miskin semakin bertambah miskin dan juga  semakin memperburuk citra Indonesia di mata dunia sehingga secara tidak langsung juga mempengaruhi tingkat kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia.
Akhirnya dapat kita simpulkan bahwa kasus korupsi yang terjadi di Indonesia ini merupaka suatu masalah yang tidak asing lagi di dengar, karena merupakan suatu masalah yang sudah lama dan dilakukan secara turun temurun yang membuat negara kita tercemar di mata dunia. Dan sudah selayaknya semua pihak yang bertanggung jawab akan hal tersebut bahu-membahu bekerja sama dengan penuh kesadaran agar terciptanya kesejahteraan dan kemakmuran di negara yang kita cintai ini.  tindakan yang tegas dan jujur harus dilakukan dengan serius. Sanksi tegas terhadap pihak terkait yang melakukan korupsi sudah selayaknya segera dilakukan demi sejahteranya negara kita.

1 komentar: