Assalamualaikum


counter

Selamat Datang

selamat datang


counter

Translate

Selasa, 09 Desember 2014

Selling Skills Seorang Guru



Kemampuan menjual bukan hanya perlu dikuasai oleh para sales tapi juga oleh setiap orang yang ingin meningkat dalam karir. Karena dalam bidang pekerjaan apapun seseorang harus mampu menjual apakah itu suatu produk atau jasa, maupun "menjual diri" sendiri yang mungkin bisa diartikan seperti seorang  guru menjual pengetahuan. Intinya setiap kita bertanggung jawab penuh untuk menciptakan nilai tambah pribadi yang membuat nilai jual kita semakin tinggi sehingga karir dapat terus melejit.
Untuk menjadi seorang penjual (guru) yang sukses ada beberapa hal yang harus dimiliki, yaitu:
1.      Talent atau yang disebut dengan bakat.
Bakat yang dimiliki oleh seseorang yang merupakan pembawaan dari lahir yang mana merupakan potensi atau modal dasar bagi seseorang guru untuk menjadi pengajar yang sukses. Orang yang sudah memiliki bakat sebagai penjual ( guru) bisa kita lihat dari beberapa karakter dibawa ini, misalanya: bertanggung jawab, sopan, mudah bergaul, cerdas, disiplin, tekun, jujur, rajin, ulet, kreatif, berkomitmen dll.
2.      Produk Knowledge.
Selain mempunyai bakat atau talent, untuk menjadi guru sukses kita juga harus mempunyai pengetahuan tentang materi atau yang disebut dengan produk knowledge.  Seperti yang telah kita pelajari bahwa produk bisa berupa barang ataupun jasa.
3.      Selling Skills.
Di bidang pendidikan seperti seorang guru, dengan sudah mempelajari pengetahuan tentang materi yang akan diajarkan bukan berarti kita sudah mempelajari pengetahuan tentang mengajar/menyampaikan pelajaran kepada siswa. Anggapan ini tentu sangat keliru karena pengetahuan materi tentu saja berbeda dengan pengetahuan mengajar/menyampaikan.
Kemampuan yang dimiliki seorang guru dalam melakukan pengajaran.
Menjadi seorang guru yang memiliki selling skill yang baik kita harus memahami bahwa mengajar adalah sebuah proses. Proses ini dimulai dari prospecting, fact finding, presenting solution hingga closing.
Seorang guru untuk memulai pembelajaran hendaklah guru tersebut bisa memberikan keyakinan dan kepercayaan kepada siswa bahwa diri kita memang layak sebagai guru, contohnya kita harus berwibawa, berpakaian rapi, sopan, dll.

 Tips meningkatkan selling skills seorang guru
Ada banyak tips untuk meningkatkan selling skills seorang guru yang bisa anda coba. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan selling skill anda:
1.      Target konsumen
Cari tahu tentang target anda agar anda lebih mudah menyampaikan pembelajaran kepada mereka. Contohnya jika target anda anak SMA maka anda harus mengembangkan kemampuan anda dalam mengajar di sekolah SMA baik persiapan penampilan, cara mengajar, materi, dll.
2.      Daya beli konsumen
Jika telah menentukan target siapa yang akan diajar maka kita bisa melihat bagaimana daya beli mereka. Maksudnya daya beli disini jika dalam proses pembelajaran ialah daya tangkap/kemampuan mereka untuk bisa mengerti tentang materi yang akan kita sampaikan
Apakah mereka bisa memahami materi yang kita sampaikan dengan penjelasan yang kita ajarkan.
3.      Mengetahui lingkungan target
Jika ingin melamar pekerjaan  menjadi seorang guru maka kita harus mengetahui sekolah yang akan kita tuju sehingga dengan itu kita mengetahui apa yang akan kita kita lakukan selanjutnya
4.      Motivasi dari orang sukses
Motivasi dari beberapa orang yang telah sukses menjadi seorang guru handal adalah salah satu tips untuk meningkatkan selling skills bagi anda.
Anda bisa belajar bagaimana mereka mencapai kesuksesan dengan cara mereka, bagaimana mereka menjadi seorang guru yang profesional dan bagaimana mereka bisa mengajar dengan baik.
5.      Hindari persepsi Negatif
Anda harus bisa berfikir positif agar anda tidak kalah sebelum berperang. Jangan pernah berfikir bahwa apa yang anda sampaikan tidak ada gunanya bagi siswa. Memang terkadang apa yang kita sampaikan kepada siswa ada yang tidak dimengerti. Selalu berpikir positif sehingga akan menambah kepercayaan diri anda.
6.      Komunikasi
Jalinlah komunikasi yang baik kepada setiap siswa untuk memudahkan proses pembelajaran. Seorang guru harus memiliki komunikasi yang jelas, mudah dimengerti oleh peserta didik, dan tidak bertele-tele agar siswa merasa senang dan paham terhadap materi yang kita sampaikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar